Insecurity adalah bayangan hitam yang menghantui semua hubungan. Insecurity adalah hal yang wajar dirasakan oleh manusia, karena manusia cenderung kurang bisa menyadari kelebihannya sendiri dibandingkan orang lain. Insecurity juga muncul karena berbagai hal yang disebabkan oleh diri mereka sendiri atau orang lain.

Apapun sebabnya, insecurity adalah hal negatif yang dapat merusak hubungan jika kamu tidak dapat mengatasinya dengan baik. Untuk bisa mengatasinya, kamu dan pasangan harus bisa mengenali berbagai macam insecurity yang muncul dalam hubungan. Berikut ini, adalah beberapa jenis insecurity yang patut kamu kenali.

Kecemburuan
Inilah jenis insecurity yang sangat umum di antara pasangan. Ketika seseorang cemburu, sebenarnya bukan karena orang yang dia cemburui, tetapi karena dirinya sendiri. Dia merasa insecure dan menganggap orang yang dia cemburui memiliki kelebihan yang tidak dia miliki. Jadi, kalau kamu menganggap teman-teman pasanganmu sebagai ancaman, itu berarti kamu harus introspeksi diri. Semakin kamu percaya diri, frekuensi cemburumu akan semakin berkurang juga.

Ingin Selalu Dipuji
Apakah kamu selalu ingin mendengar pasangan mengatakan “I love you” padamu? Apakah kamu selalu ingin mendengar pasangan memujimu? Apakah kamu sering takut pasangan akan meninggalkanmu? Kalau ya, berarti kamu sedang merasa insecure. Ketika seseorang merasa harus mendengar ungkapan cinta dari pasangannya secara terus-menerus, berarti dia merasa kurang yakin dengan dirinya sendiri. Hal ini juga terjadi karena kurangnya komunikasi yang lancar di antara pasangan.

Mempermainkan Pasangan
Banyak orang yang mempermainkan pasangannya karena dia merasa kurang nyaman dengan dirinya sendiri. Misalnya, dia kurang yakin pasangannya tidak mencintainya, sehingga dia berusaha membuat pasangannya cemburu. Dia bersikap jual mahal di depan orang yang tertarik dengannya agar dipandang keren dan lebih baik. Dia juga suka memberi ‘kode’ kepada pasangan karena takut dan gengsi untuk mengungkapkan perasaannya sendiri.

Membandingkan Diri dengan Mantan
Kalau kamu yakin pasangan masih mencintai mantan, tanyakan pada dirimu sendiri: Mengapa pasangan mau memilihmu kalau dia masih mencintai mantannya? Ketika orang membandingkan dirinya sendiri dengan mantan pasangan, itu karena dia insecure dan tidak yakin dirinya lebih baik daripada mantan.

Needy
Menjadi pasangan yang needy adalah salah satu tanda kamu seorang yang insecure. Orang bisa menjadi needy karena takut pasangannya selingkuh saat mereka berpisah sejenak, makanya dia merasa harus pergi kemana saja dan melakukan apa saja bersama pasangan. Kalau kamu adalah orang yang percaya diri, kamu pasti bisa berpisah sejenak dari pasangan demi kebaikan hubungan.