Saat jatuh cinta dengan seseorang, kita tentu berharap agar cinta kita berbalas dan tidak bertepuk sebelah tangan. Namun, terkadang, hal itu tidak bisa jadi kenyataan, karena orang yang kita cintai ternyata tidak merasakan hal yang sama terhadap kita.

Walau membutuhkan waktu yang lama, kita pun harus mencoba untuk move on dan melanjutkan hidup. Meski sulit, ini perlu dilakukan agar Anda bisa kembali merasa bahagia dan tak terbayang-bayang dengan orang tersebut.
Bagi Anda yang sedang berusaha melakukannya berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk move on dari orang yang tak bisa dimiliki.

1. Jujur kepada perasaan Anda

Saat patah hati karena gagal cinta, sebagian dari kita mungkin akan berusaha lari dari kenyataan atau mengubur rasa yang ada dalam-dalam. Daripada merasakan patah hati, kita mungkin akan berusaha tidak memikirkannya dan bersikap seolah semuanya baik-baik saja.

Namun, bila ingin benar-benar move on, kita perlu mengakui rasa sakit itu. Dengan kata lain, kita perlu menerima kenyataan dan berusaha menyelesaikan masalah yang datang setelahnya. Daripada berusaha menyembunyikan rasa sakit, akan lebih baik bila kita mengeluarkan emosi dengan cara menangis atau marah. Akan tetapi, setelahnya, cobalah untuk mengatasi perasaan tersebut dengan mencari jalan yang baik untuk kembali menjalani hidup.

2. Berusahalah fokus kepada diri sendiri

Ketika merasa sedih, seseorang mungkin tidak tertarik untuk merawat atau membahagiakan diri sendiri. Apalagi, pada tahapan awal patah hati. Bisa jadi, Anda akan enggan memikirkan apa pun, karena tenggelam dalam rasa kecewa dan sedih karena cinta yang tidak bisa terwujud.

Namun, Anda sebaiknya tetap berusaha untuk mempedulikan diri sendiri. Anda perlu melakukan self-love dan self-care, menjalani kegiatan yang disukai dan bermanfaat bagi diri sendiri. Selama tidak membahayakan siapa pun–termasuk diri Anda sendiri–jangan ragu untuk mencoba hal-hal yang dirasa menyenangkan dan bisa menyita perhatian. Sebab, berusaha melakukan sesuatu akan lebih baik daripada membiarkan diri sendiri tenggelam dalam kesedihan yang ada.

3. Jalani waktu bersama orang-orang terdekat

Selanjutnya, kita juga bisa mencoba mengobati luka dengan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, kita bisa mencoba untuk mengobrol dengan mereka secara langsung maupun melalui video call. Jangan ragu untuk bercakap-cakap dengan mereka, mendengarkan cerita orang dari orang yang Anda sayangi dan juga membagikan kisah Anda kepada mereka. Walau mungkin tidak selalu bisa mengusir kesedihan, hal ini diharapkan bisa membuat Anda merasa lebih baik dan juga positif.

4. Tak perlu berusaha terlalu cepat move on

Setelah berusaha melakukan hal-hal di atas, ada baiknya bila kita tidak berusaha untuk cepat-cepat move on. Bagaimana pun, kita akan membutuhkan waktu untuk bisa melupakan orang lain, apalagi sosok yang sangat dicintai. Maka, berikanlah waktu bagi diri sendiri untuk berproses. Tak perlu menyalahkan diri sendiri bila tidak bisa segera melepas perasaan yang ada.

5. Jangan memusingkan mengenai percintaan di masa depan

Pengalaman cinta yang berakhir buruk bisa menjadikan kita malas untuk kembali berusaha mencintai atau menjalin hubungan di masa depan. Sebab, kita masih takut akan patah hati dan belum siap untuk mulai menjalin asmara lagi.
Di masa seperti ini, tidak usah terburu-buru. Tidak perlu memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya dan berfokuslah pada masa sekarang. Di saat yang sama, tidak perlu berpikir bahwa Anda tak akan menemukan cinta yang baru. Karena, bila menemukan orang yang tepat, pada akhirnya Anda akan tetap jatuh hati dengannya. Sehingga, cobalah berfokus move on terlebih dahulu, tanpa banyak memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya.